Tips Mudik ala Anak Kost

Sekarang sudah memasuki 1/3 Ramadhan sobat blogger, dan tentunya aroma-aroma mudik pun sudah tercium. Tiket-tiket yang sudah mulai banyak dipesan, tempat rental mobil yang kebanjiran order, makanan khas daerah yang sudah mulai menambah stok jualannya, dan tentu saja lalu lalang kendaraan-kendaraan asing di kota anda. Pemandangan yang asyik bukan?? Terlihat antusias para pemudik yang semangat ketika dijalan, seolah tak sabar ingin segera bertemu sanak keluarga yang sudah lama tidak bersua. Saya pun akan memberikan sedikit tips mudik untuk anda, menambah dafar tips-tips mudik yang sudah anda baca sebelumnya.

Saya juga pemudik lho, meskipun masih dalam wilayah Palembang punya, Palembang-Martapura. Tahun kemaren saya mudik dengan menggunakan sepur (kereta api), bukan disengaja tapi karena saya dan teman-teman saya telat memesan tiket travel. Terbayang dong betapa ramenya sepur ketika hari-hari mudik?? Yup, ramenya mengalahkan pasar tradisional ketika pagi. Saya pun hampir pingsan karena sumpeknya, ramenya, dan juga aroma-aroma yang sudah tidak jelas lagi itu bau apa😦. Karena itu, untuk mensiasati supaya kejadian yang saya alami tidak terulang lagi. Saya akan memberi tips mudik ala anak kost, karena ketika saya di Palembang boleh dibilang saya anak kost lah (nggak yakin?? Sama, saya juga nggak yakin).

  1. Mulai dari sekarang, tentukan transportasi apa yang akan anda gunakan untuk mudik. Travel, bus, pesawat, sepur, kapal, atau mudik dengan menggunakan motor. Segeralah memesan tiketnya, karena saya yakin saat ini pun sudah banyak bangku yang sudah dipesan oleh para pemudik lain. Biasanya juga makin mendekati hari H, harga tiket makin mahal. Berdasarkan hukum anak kost yang super duper hemat, jadi pesanlah tiket dari sekarang. Selain murah, anda juga bisa menentukan dimana anda akan duduk.
  2. Selesaikan semua kerjaan anda secepat mungkin, baik itu kerjaan di sekolah/kuliah/kantor. Bahkan kalau bisa beberapa hari sebelum mudik, usahakan kalian sudah terbebas dari pekerjaan-pekerjaan tersebut. Biar mudik yang sudah anda rencanakan berjalan sesuan rencana anda.
  3. Catatlah barang-barang yang akan anda bawa mudik sedini mungkin, biar pas hari keberangkatan anda tidak lagi sibuk memilih dan memilah. Barang-barang berharga seperti laptop, uang, hp, surat-surat penting, dll sebaiknya dibawa mudik saja. Tapi kalo anda ingin meninggalkan di dalam kost, pilihlah tempat yang paling aman dan jangan lupa di gembok juga. Karena kasus pencurian di dalam kost marak terjadi ketika anak-anak kostnya sedang mudik, berdasarkan pengalaman teman-teman saya. Saran terakhir kalo anda tetap ingin meninggalkan barang-barang berharga anda, sebaiknya dititipkan ke kerabat/teman yang tidak mudik.
  4. Mulailah membeli oleh-oleh sejak sekarang, karena pusat-pusat perbelanjaan masih belum terlalu ramai. Sebelum membeli alangkah baiknya dicatat dulu, biar anda tidak muter-muter layaknya orang sa’i  ketika berbelanja (hemat tenaga beib, kan lagi puasa :D).
  5. Saat hari keberangkatan tiba, kalau anda termasuk orang yang doyan mabuk, alangkah baiknya untuk minum obat anti mabuk saat sahur. Kalo jarak mudik anda cukup jauh, saya sarankan untuk tidak puasa saja daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi kalo anda ingin puasa, two thumbs deh untuk anda. Jangan lupa, pamit kepada ibu kost seraya menitipkan kamar kost dan juga barang-barang anda di dalamnya. Ingat, selain lemari-lemari yang digembok, pintu kamarpun harus kalian gembok ketika kalian hendak berangkat.
  6. Pergi ke tempat ransportasi mudik anda lebih awal. Hari-hari menjelang mudik biasanya kan jalanan macet, daripada anda telat jadi tak ada salahnya untuk berangkat lebih awal. Lagian kalo anda terlambat, tiket yang anda punya pasti hangus, sayang sekali bukan??
  7. Siapkan minyak kayu putih, tissue, kantong plastik (kalo anda ingin muntah), kipas, buku bacaan, atau apapun itu biar mudik kalian nyaman. Taruh di dalam tas yang mudah di jangkau, biar mudah diambil ketika diperlukan. Untuk yang mudik menggunakan sepur, saya sarankan untuk menyiapkan kesabaran juga biar tidak emosian ketika di tengah perjalanan. Untuk yang mudik menggunakan motor, pastikan surat-surat penting sudah dibawa, pakai jaket dan helm yang lengkap juga. Karena di jalan pasti sangat ramai dan juga macet, saya sarankan untuk ambil aman saja, jangan ngebut-ngebut.
  8. Jaga barang-barang anda selama di perjalanan. Ingat, sopir/masinis/pilot tidak bertanggung jawab atas hilangnya barang-barang anda.

Tips mudik diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya selama 3 tahun terakhir, semoga bisa membuat para anak kost jadi lebih teliti sebelum berangkat mudik. Selamat mudik sobat blogger, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta, dan pastinya selamat lebaran. ^^

Artikel ini diiuktsertakan dalam ADUK.

*91’91*

88 thoughts on “Tips Mudik ala Anak Kost

  1. Kalau Mel mah udah biasa mudik naik sepur nih Dhe..
    Malah teman-teman pada berebut sebelahan sama Mel..
    Bukan karena naksir, tapi karena Mel ga makan banyak tempat, portable dan fleksible katanya

  2. saya juga mudik, lho!
    meskipun kampung saya cuma 3 jam perjalanan, toh namanya tetep mudik. hihi
    tambahan tips nih,,
    JANGAN MAU DIKASIH MINUMAN ATO MAKANAN ama org2 bertampang mencurigakan *yg komen ini contohnya
    (oy, mbak. gmn sh cr buat “Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia..🙂 ” kaya di atas?

    • gk beda jauh dengan Dhe Lung, kampung dhe cuma 5 jam perjalanan, tapi tetep aja namanya mudik..😛

      nih caranya, buka dashboard, setting, discussion, loh loh kok nggak ada lagi?? kotak komentar tempat dhe kok aneh yaa, emang wp or kompi dhe yang error.. #garuk2 kepala

  3. btw, mo tanya nih , gmn caranya kamu bisa langsung njawab setiap komentar langsung di bawahnya ? maklum msh gaptek aku xixixixixi, thanks ya🙂

  4. Untung aku bukan anak kost,jadi gax begitu ribet mudiknya😀

    OIA,maaf ni kak Dhe,tulisannya terlalu kecil,jadi saya kurang begitu jelas melihatnya,tambah lagi mata saya uda MIn nih kak😀

    • tapi jadi anak kost seru kok Sur, coba deh..😛

      iyaa saya juga merasa kalo nih tulisan kekecilan, besok2 diusahain nggak kekecilan kok.. thx yaa masukannya🙂

  5. Selamat mudik nih buat yang anak kos. Kebayang deh kalo ada yang nuntut supir bis kalo kehilangan barang di bis😀
    EGP mah kata supirnya😆
    Semoga sukses pada ADUK🙂

  6. Ah..syukur saya bukan anak kos, wkwkwkw…😆
    Lagian mau mudik kemana ya gue?
    Hmmm…ortu disini semua, kayakakaa…😆
    Selamat mudik deh buat yang mau mudik, semoga selamat sampai tujuan🙂

  7. wah setuju banget dengan yang nomer 1
    apalagi kalo mudiknya jarak jauhttps://gamazoe.wordpress.com/2011/08/10/tips-mudik-ala-anak-kost/#comment-form-wordpressh,wuih bisa heboh pesan tiketnya

  8. Pingback: Ketika Kontes Bertebaran di Blogsphere | Perjalanan Panjang

  9. Pingback: Hasil Ngontes | Perjalanan Panjang

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

