Ketika Kenyataan Tak Seindah Mimpi

  1. Mengetahui bahwa ternyata sahabat terdekat anda mengkhianati anda
  2. Melihat pasangan anda selingkuh
  3. Mendapat kabar bahwa sahabat baik anda meninggal dunia

Dari ketiga pilihan tersebut, manakah yang menurut sahabat kejadian yang paling menyakitkan?? Hmm, pasti semua jawabannya akan berbeda-beda, tergantung dari pengalaman sahabat masing-masing. Tapi ketiga pilihan tersebut adalah contoh dari sekian banyak kenyataan yang tak pernah kita harapkan. Kejadian-kejadian yang mungkin membuat sahabat terpuruk dalam jangka waktu yang lama.

Saya bisa bilang bahwa contoh diatas itu menyakitkan, karena memang saya pernah merasakan itu semua. Seolah rasanya bagai kita berada di ujung bumi dan siap untuk melompat kedasar bumi, sakit. Memang agak lebay, tapi bagi sahabat yang pernah merasakannya akan membenarkan kalimat saya barusan (kalo ini, asli lebay :P). Tapi inilah hidup sahabat, semua kadang berjalan tidak sesuai dengan harapan. Kejadian-kejadian buruk yang tiba-tiba hadir, tanpa pernah diduga sebelumnya.

Percaya atau tidak, Tuhan pasti tidak akan memberikan kita sebuah ujian tanpa maksud tertentu. Bukan karena Tuhan tidak sayang dengan kita, tapi karena Dia mencintai kita makanya kita diberikan sebuah ujian hidup. Awalnya memang sakit, sulit untuk menerima kenyataan pahit yang tengah kita hadapi. Emosi, amarah, bahkan dendam pun seakan berkumpul menjadi satu. Semua energi negative pun berlomba-lomba untuk menguasai diri kita. Tidak ada yang salah dengan marah, dan wajar kalau kita marah ketika kita mengetahui bahwa orang sangat kita percaya ternyata mengkhianati kita. Tapi dibalik marah kita, kita pasti bisa mendapatkan pelajaran dari kejadian tersebut. Bahwa kita belajar untuk tidak terlalu percaya dengan orang lain, kita belajar untuk selalu menjaga kepercayaan karena kita tahu rasanya dikhianati, belajar untuk tidak terlalu bergantung kepada orang lain, belajar untuk memilih sahabat yang baik.

Juga kita yang sedih ketika mendapat kabar bahwa ternyata sahabat/keluarga kita meninggal dunia. Kalau sahabat/keluarga yang meninggal itu adalah orang yang sangat kita sayang, pasti kita akan sangat merasa kehilangan. Tangis pun rasanya kurang meskipun kita sudah menangis sehari semalam. Tapi kejadian itu mengingatkan kita bahwa kita pun pasti akan meninggal, dan itu juga bisa menjadikan semangat tersendiri untuk terus melakukan yang terbaik setiap hari karena kita sendiri tidak tahu kapan sang malaikat maut menjemput kita.

Dan terakhir, hmm, kalo kejadian ini mah bisa menimbulkan rasa benci di diri kita. Siapa yang pernah diselingkuhin tunjuk tangan?? Gimana rasanya sahabat, mantap bukan?? Hahahahaha😀. Kalo pengalaman saya pribadi mah rasanya diselingkuhin itu luar biasa. Emosi yang meluap, bahkan sebuah tamparan pun rasanya kurang cukup (saya nggak nampar #serius). Tapi ya itu hanya emosi sesaat. Pelajaran yang saya dapat setelah kejadian itu, saya belajar untuk memaafkan, saya belajar untuk menerima kenyataan, saya belajar untuk berdamai dengan kenyataan,intinya saya belajar ikhlas dan belajar mengendalikan emosi saya. Sulit memang, tapi percayalah kalau sahabat berhasil pasti sahabat akan mendapatkan perubahan besar dalam diri sahabat. Lagian, rugi menyimpan dendam yang berkepanjangan.

Well, itu adalah beberapa kejadian yang kurang mengenakkan yang sudah memberikan perubahan positif dalam hidup saya. Kenyataan pahit yang mungkin memang harus saya rasakan, supaya saya bisa belajar untuk menjadi yang lebih baik. Kejadian-kejadian seperti itu yang selalu bisa memberikan perubahan buat hidup saya, karena saya sudah merasakan langsung prosesnya.

Kenyataan kadang memang tidak seindah mimpi, tapi percayalah bahwa semua kejadian yang kita alami akan memberikan hikmah tersendiri buat kita. Belajarlah dari kesalahan, karena pengalaman adalah guru hidup kita. Dan juga jangan pernah menyerah, jangan pernah menyesali atas hidup yang menurut kita menyebalkan. Karena mungkin itu memang proses hidup yang harus kita jalani supaya kita bisa lebih baik kedepannya. Carilah hikmah dari setiap kejadian yang sudah sahabat alami, karena dari hikmah itulah sahabat bisa melakukan perubahan luar biasa.😉

“artikel ini diikutsertakan kontes Make That Change Pendar Bintang”

 *91’91*

89 thoughts on “Ketika Kenyataan Tak Seindah Mimpi

  1. awalnya bingung..ada apa dengan Dhe???
    eh ternyata..ini tulisan untuk kontes ya.:)

    setuju atas semua pernyataan, satu lagi tetap berpikir positif terhadap kehendak Tuhan karena Tuhan sebagaimana persangkaan kita kepadaya

    sukses ya Dhe ..

  2. Pernah ngalamin yg point 3 Dhe (yg akhirnya aku bikin puisi senja ituh), dan memang rasanya gimanaaa gitu ya, seharian itu aku aseli ga bisa kerja, keingetan dia terus, karena aku ga bs cuti untuk ke sana *ini ngetik aja mataku berkaca2, hiks*.

    Gudlak ngontesnya ya Dhe😉

  3. Dhe, terima kasih udah bepartisipasi ya….aku baru mengintip kesini karena masih dalam tugas luar…

    Setiap peristiwa dalam kehidupan kit amemang bisa dijadikan good starting dalam memulai perubahan walaupun akan lebih baik kita melakukan perubahan karena berguru pada kejadian yang menimpah orang lain.

    Tapi dikhianati teman rasanya memang menyakitkan, kalau dikhianati pacar menurut aku masih biasa. Aku malah dihianati teman dan pacar, jangan tanya Dhe…perubahanku juga dimulai dari sana. AKu bisa menjadi sekarang karena penghianatan mereka.

    Thanks ya say…semoga esok lebih baik😉

  4. tapi alangkan inndahnya mimpi indah menjadi enyataan…🙂
    agar engaku bisa sukses banyak-banykalah bermimpi dan membuat rencana untuk mewujudkannya….🙂

  5. yang nomor 3 tuh perih sekali. soalnya kakak saya meninggal nya kecelakaan, jadi ya tiba-tiba gitu lah ya istilahnya mah. jadi kaget dan udah 6 bulan sepeninggal kakak, ya harus terus di doain ya🙂

    betul ada hikmah di balik semua peristiwa juga, udah ada jalan dari Allah ya, insyaAllah…

  6. nomor 2 sobat……hmmmmmm semoga ga terjadi pada sobat2 menone, cz menone sendiri udh ngerasain tuch yg no 2 menyakitkan bgt…

    Ssalam persahabatan selalu dr MENONE

  7. apalagi kalau diselingkuhinnya setelah nikah dhe..sedih sedih banget dah..marah kesel plus jijik melihatnya..apalagi kalau sampai pernah tidur bareng😦

  8. kenapa engga ada poin keempat: miskin mendadak:mrgreen: itu baru menghancurkan mimpi menurut saya. karena dibandingkan ketiga tersebut. ini jauh lebih menyakitkan dan tidak bisa “sembuh dengan seiring waktu” .. kalau ini enggak bisa “sembuh dengan seiring waktu” … enggak makan bisa mati mbak😀 …

  9. Memang segala sesuatu yang kita tidak inginkan terjadi akan terasa sakit ketika kenyataan berkata demikian… Tak ada yang menginginkannya, tetapi mungkin itulah jalan yang dipilihkan buat kita, yang kita butuhkan untuk melatih kita untuk berjiwa besar, untuk lebih kuat dalam menghadapi kenyataan-kenyataan hidup ke depannya yang mungkin tak seberapa dengan apa yang kita alami sekarang ini….

    Sepertinya ada kepasrahan dalam komentarku ini….ah “Pasrah”… Hate that word…🙂

  10. wah kebetulan banget. kemaren aku baru aja posting tentang penalaman diselingkuhin, it was 10 years ago dan aku juga udah gak tau kabar mantanku itu gimana.

    tapi sakit hatinya sampe sekarang lho, hahaha… I guess prinsip ‘forgive and forget’ itu emang sungguh tidak mudah diaplikasikan ke semua kasus.

  11. Pingback: Antara Marah dan Benci | Perjalanan Panjang

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s