Ayo Ngeblog: Ketika Kontes Bertebaran di Blogsphere

Waah tidak terasa kalau gamazoe sudah berusia hampir setengah tahun. Serasa baru kemaren saya membuka wordpress.com dan kemudian membuat blog baru disini setelah hiatus cukup lama karena bermasalah dengan blogspot.com. Serasa baru kemaren saya heboh dengan pemilihan nama domain untuk blog baru saya di wordpress, tapi kemudian tepat pada tanggal 20 Juli 2011 saya resmi menjadi author dari gamazoe.wordpress.com. Ahh, perasaan senang bercampur sedih karena pada akhirnya saya pun harus bilang “SAYONARA” ke blog lama saya.

Di gamazoe, saya mencoba hal-hal baru. Ketika dulu blog lama saya hampir semuanya berisikan puisi, disini saya tidak lagi terlalu bermain dengan puisi. Bahkan selama setengah tahun, saya hanya mengisi 2 buah puisi di gamazoe. Dan sebagai gantinya, disini saya belajar untuk lebih bereksperimen, saya membuat cerpen, membuat essay, membuat tips dan tentunya di gamazoe saya mendadak menjadi banci kontes. Ntahlah, kenapa saya sedikit merasa kecanduan atas kontes-kontes yang banyak bertebaran di blogsphere. Tapi yang pasti, membuat sebuah postingan dengan tema yang sudah ditentukan itu adalah sebuah tantangan buat saya. Kadang, ketika saya sedang jenuh, sedang kesal dengan dunia nyata saya. Kontes-kontes itu menyelematkan saya dari postingan yang bertemakan curhat lebay. Ketika saya sedang kesal dan jenuh, lalu saya membiarkan diri saya curhat di tulisan, itulah saat saya melakukan curhat lebay. Karena disitu saya pasti akan ngawur dan mungkin malah melampiaskan kekesalan saya. So, untuk semua para sohibul kontes di negeri ini, terimakasih. Terimakasih karena kalian sudah membuat saya makin kreatif dan inspiratif, hahahaha #lebay.

Tapi sebenarnya bukan hanya sudah menyelamatkan saya dari curhat lebay, dan juga makin membuat saya kreatif. Kontes-kontes itu pun sudah membuat saya merasakan indahnya menjadi pemenang, mendapatkan banyak sobat blogger baru yang juga sama-sama menjadi peserta, menambah keakraban antara saya dengan sang sohibul kontes, juga membuat saya berani untuk membuat sebuah tulisan yang sebelumnya bukan keahlian saya. Siapa yang menyangka kalau ide-ide aneh yang mendadak tertuang dikepala saya, malah membuat saya menjadi pemenang. Sebuat saja tips mudik ala anak kost dan juga tentang lagu nasional vs lagu daerah, aahh saya masih merasa sedikit nggak percaya kalau saya adalah pemenangnya. Belum lagi kontes dengan tema yang berat, yang membuat saya harus belajar dulu dengan mbah google sebelum akhirnya membuat postingan tersebut. Tentang atheis, postingan yang menghasilkan banyak pro dan kontra dari para komentator. Tentang sudoku yang salah juga surat kaleng yang panjang, niatnya cuma untuk meramaikan dan senang-senang tapi ternyata dapat hadiah dari sang sohibul kontes. Lihatlah, kontes-kontes itu membawa perubahan positif pada hidup saya. Saya dituntut untuk semakin liar berimajinasi, mencari ide tulisan yang belum dibuat oleh para peserta kontes yang lain. Dan sekarang, saya makin yakin kalo ngeblog itu seperti sebuah miracle yang sengaja Tuhan berikan untuk saya.

Apakah itu semua belum cukup?? Oke, saya akan memberikan cerita lain tentang betapa indahnya ngeblog. Dari ngeblog, saya akhirnya bisa bertemu dengan para penulis-penulis hebat. Saya akhirnya nyemplung di berbagai macam grup kepenulisan dan komunitas blogger, meskipun saya hanya aktif di beberapa grup saja. Tapi dari situ, akhirnya saya bisa merasakan indahnya tulisan saya dibukukan. Saya belum perduli dengan apa itu royalti, saya pun tidak memasalahkan kalau hasil dari penjualan akan digunakan untuk kemajuan grup tersebut, yang saya tahu bahwa saya sudah mempunyai buku sendiri. Sudah ada 3 buah antologi yang saya hasilkan, salah satunya sudah pernah saya bahas disini. Dan juga, dari ngeblog saya mempunyai keluarga baru. Saya mempunyai ayah, saya mempunyai bunda/ibu, saya mempunyai kakak/masbro/bli/mas/mbak/mpok, saya mempunyai pakde, saya mempunyai oom, saya mempunyai datuk, saya mempunyai semua sahabat-sahabat blogger yang hebat. Meskipun tidak pernah terucap oleh kata, tapi yakinlah bahwa semua blogger itu bersaudara.

Ngeblog itu asyik, menyenangkan. Saya bisa bebas dari dunia nyata saya ketika saya menjadi seorang blogger, memasuki dunia yang penuh dengan warna dan menjadi sisi lain dari diri saya yang tidak saya perlihatkan di dunia nyata. Kontes, award, PR, giveaway, apapun itu semua, itu adalah bumbu pemanis di ranah blogsphere. Selingan cantik untuk makin membuat kita saling mengenal para blogger lain. Saya pun tidak terlalu memusingkan komentar dari beberapa sahabat blogger yang selalu bilang “Kontes terus dhe”, atau bahkan mereka yang tidak lagi mengunjungi gamazoe karena postingan saya yang berlebel kontes. Biarlah, daripada saya harus curhat lebay tentang dunia nyata saya yang seharusnya tidak saya ceritakan di gamazoe, kan lebih baik saya mengikuti kontes-kontes itu. Atau hiatus lama dan membiarkan blog tidak terupdate karena bingung mencari ide tulisan, kan lebih baik ngontes. Menang nggak menang, yang penting saya senang. Hahahaha, itu slogan para banci kontes yang sering saya dengar.

So, yuk ngontes???!! Eh salah, yuk ngeblog???!! Karena kata sang Komandan Blogcamp, ngeblog itu akan menjadikan hidup kita semakin berwarnawar ni.

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

*91’91*

178 thoughts on “Ayo Ngeblog: Ketika Kontes Bertebaran di Blogsphere

  1. Dunia blogging itu mengasikkan,, banyak yg kita dapat,,😀 btw umur WP nya seumuran dgn blogspot gw dhe,, gw mulai maen blogspot awal juli juga,, tepatnya 1 juli 2011..😛

  2. Begitulah nikmat, manfaat dan indahnya ngeblog.
    Gara-gara saya ngeblog sahabat semakin tambah banyak dan tentu saja hdup saya semakin berwarna-warni.

    Semoga berjaya dalam kontes ini.

    salam hangat dari Surabaya

  3. hahahaa…. aku bru brapa kali ikut ngontes… slalu ga pede heeee…
    tungguu punya aku ya…#loh emng mau kmn kita?

    btw any wayyy.. kok nama ku…belum masuk di gubuk sahabat ya…. heee…. dan kamu belum folback juga🙂 hee

  4. Salam kenal.🙂

    Lumayan nih dapet satu lagi blog bagus. Bisa nambah referensi bacaan. Apalagi blognya sering menang lomba.🙂. Blog sampean ini akan langsung nangkring di daftar reader appsku.
    🙂 ga sabar buat baca postingan-postingan yang lain nih.

    Salam.🙂

  5. dari ngeblog bunda bisa kenal dan punya banyak sahabat, termasuk Dhe yang smart dan cantik :)\
    banyaaaaaak banget yang didapat dari ngeblog dan insyaAllah semuanya bermanfaat ya Dhe🙂

    Semoga sukses di kontes ini
    salam

  6. Dhe…huhu, saya termasuk yang jarang ikutan kontes, saya malah serem kalo udah ada undangan buat ikutan kontes atau bikin pe-er..
    Bukan apa-apa, saya termasuk orang yang nge-blog berdasarkan mood. Mungkin karena belum profesional, saya suka agak sulit kalau tulisan saya sudah ditentukan…hehe, ngeles nih ceritanya…

    Ok deh Dhe, selamat ikutan kontes ya, salam silaturahmi dari saya🙂

  7. Dheeeeeeeee… sukses yahhh untuk GA nya! semoga makin banyak buku yang dihasilkan, hehe😀

    Ayo ikutan Januari50K. Brani trima tantangan? hihi… 😉

    btw, si datuk disebut dimari, ntar dia kerasa lho. hahaha… :p

  8. kalo udah sering ikutan kontes..berarti dah jago dong…apalagi dah punya buku…siip dech…smoga kelak bisa jd penulis terkenal…amiin

    smoga kontes yg ini menang juga…aamin

  9. kalo saya sih mau itu postingan utk kontes tetep dibaca asal bukan tulisan ttg komputer, politik dan soal agama. hehehe..soalnya suka bingung kalo tulisan ttg tiga hal itu. jadi, postinganmu selalu dibaca asalkan saya tahu ada tulisan terbaru. soalnya di dasbor blogspot gak muncul update postinganmu. hiks..karena kamu pake wp.

  10. Eits…dia udh nulis aj GAnya Muam, Dhe emang banci kontes sejati *tsaaah* hihihi…
    Selamat ya udah nulis buku, ngiri dot com nih. Gudlak jg buat ngontesnya Dhe😉

  11. eaaa, sudah saya duga, dibagian akhir tulisan ini pasti ada tulisan “diikutsertakan dalam kontes-nya kak Muam”~🙄
    ikutan juga ah jadi banci kontes~😆

  12. Aduh, aduh… saya sudah serius menyimak dari awal, ternyata [kontes] lagi…
    Tapi yang dikatakan di sini benar juga… ya meskipun saya belum pernah merasakan miracle semacam itu…🙂

  13. saya juga ngeblog, dan ngeblog sdh seperti candu, berasa sakau – ada yg hilang aja sehari tanpa ngeblog, blogwalking wlo gk posting di blog sendiri😀

    dan yg paling seru dari ngeblog adalah saling lempar Tag biar makin akrab, saling tahu dan dekat dengan blogger lainnya dan gak kalah serunya lagi hunting giveaway, xixiix. ngeblog itu indaaaaaaaaaahh susah diungkapkan dgn kata2.

    anyway salam knal ya🙂

  14. menang ga menang yang penting hati senang ya Dhe
    setuju!!!!!!!!!!!!

    dengan ngeblog hidup memang jadi lebih berwarna
    pikiran pun terasah
    pengetahuan pun bertambah
    tak ada lagi ruang untuk gelisah
    ah ah ah hahaha

    ok Dhe sukses kontesnya yaaaaaaaaa

  15. weits, ternyata gamazoe pindah kesini ya?.. pantesan lama banget saya nyari di blog lama nggak ketemu update terbarunya. heheh.. memang yah, dengan banyaknya kontes jadi lebih mengakrabkan antara blogger satu dengan yang lainnya.

    semoga menang kontesnya!!

  16. Dunia blog memang mengasyikkan ya. Nggak tergantikan deh dengan apa yang sekarang lagi booming (kayak twitter, atau FB, dan sebagainya). Karena konsepnya memang unik dan beda bgt🙂

  17. Paling asik kalo yang ngadain kontes itu dari perusahaan-perusahaan atau organisasi, hadiahnya besar-besar.
    Kontes itu bisa dibilang untuk biaya perawatan blog😀

  18. Dheeeeee…. Ceritamu, ce.. ri… ta… mu… hmm,, Sesuatu banget, ha.. ha.. ha.. *halah ngomong apa saya ini.

    Setuju Dhe, blog sedikit banyak bisa mengusir rasa galau, hehe… *CurCol

    Oh iya, apaan sih “hiatus”..??

  19. Emang dulunya blognya Mbak Dhe di mana? o_o
    Rupanya mbak Dhe peserta pertama lombanya mas muam itu ya~

    Maaf ya mb smsnya ga kubalas, hihi seneng kalau bukunya bisa menginspirasi. Aku juga suka bukunya.😀
    Btw boleh aja rikues emotikon a la saya, tapi wani piro? Wkwk, asal jangan emot guling-guling aja😀😀

  20. Tau nggak, pada paragraf-paragraf awal, aku udah deg-degan. Kirain mah si Dhe mau bikin giveaway sendiri, ternyataaaaaaaaa.. masih ikutan kontes juga😀
    Smoga sukses ya Dhe, maju terus pantang mundur.
    Suka banget cara Dhe bertutur lewat tulisan🙂

    Salam,

    Fansmu dari Jakarta😀

    Btw aku mau beli antologimu, tapi website leutikanya mesti login dulu. Males.. :p
    Ada di toko buku kan, ya?

  21. wah Dhe .. akhir2 ini aku sering bilang sama suamiku kalau ngeblog bener bener bikin aku sgt hepi …. spt yg kamu tulis ngeblog itu memang bikin hidup jd tambah berwarna -warni🙂

    sukses ya kontesnya🙂

  22. eaaa… ngomongin kontes dan ternyata postingannya untuk kontes jugak. hehehe..

    baru enam bulan sudah berprestasi sekian banyak itu?? luar biasa. slamat ya mbak Dhe.,

    sukses juga buat kontesnya yg ini🙂

  23. kunjungan perdana saya disini masbro,maaf klo belum sempat mampir2 kmrn.🙂
    klo liat dari judul artikelnya ikutan kontes juga atau sekedar curhat ne masbro?

  24. banyak kontes ya, tapi banyak juga yang tak diikuti oleh saya, hehe. selamat-selamat sudah cukup lama usia blog nya. udah canggih nih dalam dunia blog an, hehe. semoga makin banyak postingan nya ya, dan bawa manfaat buat pembaca, amin..

    lanjutkan😉

  25. Eh, sama lho, saya juga cukup banyak bereksperimen dgn blog saya, karena memang keberadaan blog tersebut adalah untuk belajar menulis. Di blog itulah saya bisa mencoba-coba membuat tulisan apa pun tanpa perlu diatur oleh atasan, karena atasannya adalah saya sendiri, hehe….

    Weh, saya juga lagi seneng ikutan kontes nih, walaupun belum pernah menang sama sekali, ahahaha…..

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s