I Care to be Green

Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kalimat pada judul “I Care to be Green”??

Nah lho, kalo misalnya tu pertanyaan saya lontarin balik ke sahabat semua, kira-kira jawaban sahabat apa yaa?? Bagi yang baik hati dan tidak sombong, bisa dijawab di kotak komentar ya😀. Kalo saya sendiri sih, jujur saya sama sekali nggak ada yang saya pikirkan ketika saya membaca kalimat “I Care to be Green”. Bahkan, saya sudah dua kali ngelirik GA si TK, tapi tetep aja belum terlintas di pikiran saya tentang green itu. Haduhhh, terlalu yaa?? Hahahahahaa #malu.

Tapi itu bukan berarti saya nggak peduli lingkungan lho. Meskipun saya bukan pecinta alam, meskipun saya tidak pernah bercanda secara langsung dengan hutan, meskipun saya tidak begitu suka hewan, tapi saya masih perduli dengan lingkungan saya. Global warming, pemanasan global, atau apalah itu namanya seolah memang menjadi trend yang membuat kita bisa lebih peka dan peduli dengan lingkungan. Demo-demo, sosialisasi, spanduk yang bertebaran, semuanya pun sudah sering kita lihat. Save Our Earth, Go Green, berbagai macam slogan pun dibuat untuk menyemarakkan gerakan tersebut. Tapi yang jadi titik pentingnya, tindakannya mana?? Hayo, apa yang sudah kalian lakukan untuk menyelamatkan bumi kita?? Apa cuma menjadi penonton saja??

Saya sendiri pun belum banyak melakukan hal yang berarti. Tapi saya selalu belajar untuk mulai melakukan perubahan dari hal-hal kecil yang saya bisa, dan alhamdulillah itu sudah sejak dulu yang saya lakukan. Sesuai dengan pesan 3M nya Aa’ Gym, mulailah dari hal kecil, mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang. Dan berikut, beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan untuk ikut membantu menyelamatkan bumi.

1. Jangan buang sampah sembarangan

Pemandangan disamping sungguh sangat tidak mengenakkan bukan?? Selain tidak sedap dipandang mata, juga bisa memberikan efek negatif untuk lingkungan. Misalnya : bau tidak sedap, banjir dan penyakit. So, mulailah untuk tidak membuang sampah sembarangan, dari sekarang.

2. Matikan lampu saat tidur

Simple banget bukan?? Hanya dengan matikan lampu saat tidur pun kita sudah bisa membantu menyelematkan bumi dari global warming lho. Jadi bagi sahabat yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, belajarlah untuk mulai tidur dengan cahaya yang redup, baru kemudian benar-benar tidur tanpa lampu. Malahan ya kalo menurut saya, tidur dengan lampu mati itu malah membuat suasana jadi lebih dingin lho, dan makin mempercepat proses tidur.

3. Hemat bensin

Kalo misalnya sahabat cuma mau ke warung sebelah rumah yang jaraknya cuma 100 meter, masak iya harus naik motor segala. Trus kalo misalnya mo main ke rumah tetangga yang cuma beda 5 rumah dari rumah kita, masak iya harus naik mobil segala. Hemat bensin beb!! Jalan kaki kek, atau bisa dengan naik sepeda gitu. Selain lebih sehat, juga kita sudah ikut menyelamatkan bumi kita.

Hmm, cukup lah 3 hal kecil yang bisa kita lakukan dari sekarang. Hal-hal sederhana diatas, tapi kalau kita benar-benar bisa menerapkannya, insya Allah kita sudah bisa ikut berperan kok nggak hanya cuma jadi penonton. Yang penting mah sekarang bukti, bukan janji #loh. Pokoknya segera lakukan tindakan nyata, meskipun kecil. Owkeh?!

Salam hijau dari Palembang ^_^

*91’91*

83 thoughts on “I Care to be Green

  1. Hebat Dhe, remaja sdh peduli lingkungan. Go green paling baik memang di mulai dari yg paling dasar yakni tentang diri kita sendiri. Bagaimana kita menempatkan diri dalam ruang bumi dan bagaimana kemudian kita berinteraksi dengannya merupakan kunci penting dalam penyelamatan bumi. Dan kemudian tentu saja akan berefek thd hidup diatasnya 😉

  2. I care to be green…
    pake baju dan celana hijo lengkap dengan sepatu, topi dan lain-lain yang warna ijo juga… #plak..

    haha..😛 kidding

    sepakat.. yang paling penting adalah, dari hal2 kecil.. seperti yg disebut diatas..
    gak usah muluk2 dulu.. minimal buang sampah pada tempatnya…

    jagan lupa.. nanem pohon!!😀

  3. Saya berusaha untuk tidak sesering mungkin menggunakan tas kresek. Kalo berbelanja biasanya saya usahakan tidak pakai kresek alias bawa tas kain dari rumah. Salam go green. Salam kenal juga.

  4. Alhamdulillah tiap hari ke kampus jalankaki karena emang g punya motor.. he he he
    kalo tidur? hhmmm… susah merem kalo lampu kamar hidup… jadi waktu tidur harus mati tuh lampu

  5. take action nih yang penting, oh iya mbak, itu link blog saya nampang di blognya mbak dengan nama yg salah, kok jadi adiekegubran -,-” hehe

    btw, link mbak juga dah kepasang…semangat😀

  6. tanam pohon aja dhe,,,tapi jangan tanem pohon bonsai..sekalian aja pohon raksasa biar oksigen yang dihasilkan jauh lebih banyak…
    hehehehe……
    wah,,ini pasti si dhe lagi ngiler sama kaosnya juga nih,,,
    hihihihi..
    kabuuuuurr…

  7. yang ketiga bener banget tuh Dhe. Sekalian olahraga lah ya, jalan kaki. Masa manja terus cuma jarak dekat aja naik motor/mobil?? hehehehe🙂

    Dan aku juga berusaha go green sebisa mungkin nih, dan sama, tentu dari hal yang kecil-kecil aja. Hal-hal besar biar dipikirkan mereka yang memiliki kuasa dan akses🙂 Aku sih biasanya berusaha menghemat pemakaian listrik, dan meminimalisir penggunaan kantong plastik. Penggunaan kantong plastik jelas nggak bisa dibuat jadi nol gitu deh ya; makanya yang aku lakukan adalah satu kantong plastik aku pakai beberapa kali. Jadi ketika “dibuang”, setidaknya ia telah digunakan beberapa kali (“hemat” dibandingka memakai 1 kantong plastik 1 kali aja trus dibuang, ya kan?🙂 ).

  8. itu got dimana Dhe???
    hiii…serreem bang get …😦

    bener banget Dhe, utk peduli pada lingkungan hrs dimulai dari diri sendiri dulu …
    tapi, gimana dong, bunda kalau tidur matiin lampu, tapi ac ttp nyala….maklum, tangerang puanas nya poll …🙂
    salam

  9. Saya belum pernah ikut kegiatan pecinta alam, tapi saya cukup peduli dengan lingkungan. Selama ini saya berusaha utk menjaga kelestarian lingkungan, tapi memang masih sebatas hal-hal yg kecil, misalnya mengurangi sampah plastik, menghemat listrik, dan menghemat BBM dengan bersepeda, hehe….

  10. green itu hijau…. hijau itu identik dengan pohon… dan pohon itu identik dengan kesejukan… dan kesejukan adalah yang kita dambakan terhadap lingkungan kita, makanya kita tuh harus peduli gimana cara menciptakan ataupun menjaga kesejukan itu, walaupun cuma ngomong, bukan berarti tidak melakukan, tetapi itu kan bagian proses dari peduli… bukan begitu Dhe???

  11. salam hijau juga dari purwokerto Dhe..makasih atas kunjunganmu yg setia..
    saya baru belajar muncul lagi nih setelah sakit beruntun…:)
    maklum BUMIL hihihiihi
    sukses kontesnya ya Dhe😀

  12. Setuju Dhe, at least kita belajar peduli lingkungan dan menerapkan pada diri sendiri dulu, Gw suka kesel tuh kalo ada orang yang seenak udel buang sampah dari mobil. Dooohhhh, mbok yah turun ampe mobil berhenti napa?!

  13. Salam hijau kembali, Dhe…peduli lingkungan itu keren, dan hanya orang-orang keren yang mau melakukan perbuatan keren…😉

    Dhe, kita sama deh…saya juga selalu mematikan lampu kalau tidur!

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s