Tips Cerdik Menghadapi Sang Kasir

Belanja itu menyenangkan!! Untuk para perempuan, baik itu ABG, remaja, ibu-ibu, nenek-nenek, bahkan anak kecil sekalipun pasti akan menyukai kalimat pertama saya. Dan memang benar lho, belanja itu sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan. Karena selain menjadi pengalaman yang seru, belanja pun ternyata mempunyai banyak manfaat. Tapi ternyata, kadang proses saat berbelanja yang menyenangkan berbeda dengan saat proses hendak bertransaksi di meja kasir. Antrean yang sangat panjang, uuuuhh pasti ini yang bikin BT mendadak. Belum lagi kalau misalnya pembeli di depan antrean kita yang sudah berada di depan mesin kasir, ee ternyata barangnya tidak dilengkapi barcode. Dan itu berarti, petugas pun akan kerepotan kesana-kemari mencari kode harga barang dan antrean pun makin panjang #aaarrgghh👿 .

Nah, kali ini saya akan berbagi tips berbelanja yang berhubungan dengan mesin kasir dan barcode, supaya transaksi kita di meja kasir pun bisa berjalan dengan nyaman. Sehingga kita bisa meminimalisir antrean yang panjang dan juga rasa BT yang mungkin mendadak timbul. Langsung saja, cekidot.

  • Hal yang pertama dan utama adalah cek dompet dengan seksama. Wajib ini mah hukumnya!! Jangan sampe pas kita sudah didepan si mbak / mas kasir, ternyata uang tunai kita kurang atau kartu kredit kita ketinggalan #memalukan😡
  • Selalu bawa kartu anggota atau kupon diskon yang kamu punya. Kan lumayan tuh, kita bisa mendapatkan potongan harga atau poin. Sebenarnya poin sih nggak penting, ya kan?? Yang pnting itu kalo misalnya pas lagi ada diskon gede. Hahahahaha😀
  • Pilihlah jam belanja yang senggang atau pada waktu yang agak sepi. Hal ini untuk menghindari antre di tempat kasir, tempat ganti dan parkir tentunya.
  • Teliti sebelum membeli, slogan ini mah harus selalu dipakai setiap berbelanja. Teliti dengan barangnya, plus teliti dengan harganya, karena kadang toko menampilkan lebel harga yang keliru. Jadi kalo ragu, jangan segan-segan untuk meminta kasir mengecek harga dari barcode.
  • Ini nih yang juga penting, selalu cek apakah barang yang kamu pilih dilengkapi dengan barcode atau tidak. Karena hal sederhana seperti ini, bisa menghambat kelancaran pada saat transaksi. Perhatiin aja, sering banget kan terlihat kasir-kasir yang menanyakan rekannya mengenai kode harga barang. Nah, kejadian seperti ini yang bisa bikin jengkel pembeli di belakang kamu.
  • Kalo tips yang ini, ini hanya sekedar saran dari pengalaman saya dan tidak bermaksud untuk melecehkan apalagi menjelek-jelekkan. Usahakan menghindari kasir yang masih mengenakan pakaian training (biasanya hitam putih), karena kasir baru ini masih sedikit lelet dan belum lancar mengoperasikan mesin kasir. Dan bisa dipastikan, antrean pun akan semakin terasa lebih lama kalau kita memilih kasir baru ini. Dan bahkan kadang, kasir baru ini masih sering salah dalam mengitung belanjaan kita.
  • Pilihlah jalur antrean yang tepat. Lebih cepat mengantre dibarisan yang panjang dengan jumlah barang sedikit, ketimbang jumlah pengantre yang sedikit tapi belanjaannya 3 ranjang. Setuju kan??:mrgreen:
  • Dan ini tips yang terakhir, hindari mengantre di rombongan keluarga yang membawa anak-anak kecil (ngebayangin emak-emak protes dan langsung bilang “sak senengmu, sak karepmu dhe” dengan gaya emaknya Kinan, atau melihat ekspresi ngamuk emaknya Valeska ke saya seperti saat emaknya Valeska nggak bisa ikutan kontes, hahaha sepertinya saya harus bener-bener sungkem sama seluruh emak-emak blogger. maaf mak, dhe harus jujur kali ini :D). Karena selain ribut dan heboh, kadang mereka pun masih suka menambah belanjaan meski telah di meja kasir. Kalo sekedar rame sih nggak masalah, yang bikin kesel itu kalo rombongan keluarga itu terus-terusan nambah belanjaan meskipun udah di depan si kasir. Mbok ya bener-bener selesain dulu belanjanya, baru ngantri. #mendadakcurhat

Well, kurang lebih seperti itu tips yang bisa saya bagikan untuk para sahabat semua. Sedikit tips berdasarkan pengalaman saya, yang berhubungan dengan mesin kasir dan juga barcode. Semoga setelah ini, kita bisa lebih teliti dan cerdik pada saat hendak melakukan transaksi dengan sang kasir.😉

bannerkontes bannerkontesArtikel ini diikutsertakan dalam Kontes Cerita Unik Belanja di BloggerPemula.Com

*91’91*

106 thoughts on “Tips Cerdik Menghadapi Sang Kasir

  1. wakakakaka….ngamuk ala emak kinan yo ditulis dhe..hehehe sak senengmu sak kareb mu..:)
    btw sukses kontesnya…saya lagi hiatus dari dunia perkontesan…biar dhe menang deh heheheh..*nggak nyambung yah…*kaburrrrrrrrrr ahh takut dhe bawa mesin kasir..:D

    • iyaa mak, gara2 baca postingan tentang kepiting kemaren makanya dhe langsung pengen masukkin ngamuk ala emaknya kinan.. waduuh kok malah hiatus sih mak, lagi liburan yaa?? hati2 mak, antrean pas musim liburan gini, sangat panjaaaaaaaaaaaaaaaaaanngg..

  2. iya bener dhe…aku juga paling sebel sm orang yg udah ada di depan kasir..trs nambah belanjaan….padahal tuch mesin kasir ngga bisa disela sm yg lainnya…jadi dech antriannya tambah panjang gara2 1 orang….

    kalo aku bair emak2 ngga pernah koq seperti itu hihihi…..

  3. Oh iya sama, aku juga paling kesel sama emak-emak yang udah nyampe di depan kasir dan udah beberapa barangnya masuk ke plastik, tau-tau ngacir lagi ke belakang ambil ini-itu, beteeeeee..
    Hikmah yang bisa diambil : setelah jadi emak-emak, aku berusaha nggak kayak gitu😀

    Sukses ngontesnya ya, Dhe😉

  4. Pingback: Peserta Kontes Cerita Unik Belanja @ Yayat's Blog

  5. untung aku ngga begitu suka belanja, kecuali belanja buku, itupun pilih belanja online aja, ngga capek tinggal duduk manis eh paketnya datang hihihihi
    sukses kontesnya Dhe, setiap dtg ke sini pasti udh bertanyatanya duluan, kontes apalagi kali ini yg Dhe ikuti😛

  6. Hal yang pertama dan utama adalah cek dompet dengan seksama. Wajib ini mah hukumnya!! Jangan sampe pas kita sudah didepan si mbak / mas kasir, ternyata uang tunai kita kurang atau kartu kredit kita ketinggalan #memalukan😡

    Like this banget soalnya saya pernah mengalaminya. Malu banget dah waktu itu, saya sampai bilang, “Bisa bayar pakai Debit nggak mbak?” padahal saya belanja di toko yang jelas-jelas tulisannya, “Cash Only”. Oh joy😄

  7. Mengenai menghindari kasir yang “hitam-putih” saya setuju sekali Dhe …

    sebab biasanya agak lama … dan kemungkinan salah input (apalagi kalau tidak ada barcode) sangat sering terjadi

    salam saya Dhe

  8. Aku enggak pemarah kok, Dhe. Begitu aku nyengir nunjukin taring mahabrata ini, yang ngantri bubar semua. Aku melenggang deh, ke kasir.

    Lagian, Valeska nggak pernah ikut belanja tuh… Soalnya kalo dia ikut, keranjang belanjaan penuh jajanan dia semua pastinya…hahahaha…

  9. hahahaha…tips nya dhe kayak udah emak-emak aja..:)
    eh, kata siapa belanja itu surganya para emak-emak?..saya juga seneng belanja looh..
    tapi kalo belanja gak sekalap emak-emak, cuma sedikit-sedikit tetapi kontinu…🙂

  10. kalau aku pernah malah udah nyiapin debit card, eh waktu itu line-nya lagi bermasalah jadi mereka gak menerima pembayaran pake card. Untung banget waktu itu pas bawa cash yang cukup, hahaha😀

    Btw, tips-nya bener bgt tuh Dhe🙂 Lebih baik ikutan antrian panjang tapi masing-masing orang belanjaannya dikit daripada antrian lebih “pendek” tapi orang-orangnya belanjaannya masing-masing dua troli, wkakakaka😆

  11. Seharusnya Hal yang pertama dan utama adalah cek kantong apakah ada dompetnya atau tidak. Karna saya ada pengalaman sudah saya cek dompet ehh ternyata dompetnya ketinggalan dirumah. hehhee😀 paling memalukan, ketika itu saya lg banyak pikiran jd agk lelet.

  12. setuju dhe.. jangan ngantri di kasir yang item putih deh.. Udah lama, kadang banyak salahnya lagi…

    eh eh ada kontes neh yak? *ngintip tanggal deadlinenya ah*😀

  13. paling sebel kalo nemu kasir yang panggilnya “ibu”,. hadeeehh.. setua apa sih aku??? *emosi*.hahaha..

    untungnya kalo belanja bulanan, si Tante seringnya belanja di minimarket deket rumah aja, yang seringnya sepi. jadi gak perlu deh ngantri dengan pembeli yang belanjanya bertumpuk-tumpuk macam kalau di supermarket gitu.

    sukses buat kontesnya Dhe… ngontes terus nihh *uhuk*

    • hahahaha.. besok2 kalo kamu lagi belanja dan pas udah hampir sampe di meja kasir, kamu langsung pasang tulisan di baju kamu mae, saya masih MUDA dan SINGLE.. hahahaha, dijamin dah kagak ada yang manggil ibu lagi😛

  14. ayayay males banget deh sy mah klo disuruh ngantri😦 makanya klo belanja sy suka liat parkiran, klo banyak berarti kemungkinan ngantri di kasir, mending nanti lagi ajah #gg niat banget😛

  15. Waaahhh … jeli juga tipanya Dhe ini … sayang saya jarang belanja … seringnya nitip beli ini n itu ama adik2 … tapi ya itu kena ‘cassss … alias minta traktirr …tapi saya nya senang kok😛

  16. hmm pernah gitu ga yaaa ….
    yg pernah tuh gini Dhe …
    saya ngantri padahal troley belanjaan masih jauh entah dimana😀 abis itu antrian panjang ya mesti atur siasat dong
    1 orang ngantri
    1 orang menyelesaikan belanjaan
    1 orang nunggu di depan kasir bagian luar memantau situasi, klo ada kasir lain yang antriannya lebih pendek dan belanjaan orang lebih sedikit, bersiaplah troley diarahkan ke sana, dan yg sudah mengantri langsung keluar barisan huehuehue …

    good luck kontesnya ya Dhe!

  17. Hihi, informatif dan kocak juga postingannya. Membaca postingannya embak saya jadi ingat pengalaman waktu belanja di salah satu market (TipT*p) di kota Depok. Ijin share pengalaman ajah ya mbak, satu hari saya sama istri belanja pake troli -lumayan banyak, dan setelah dirasa cukup saya coba cari kasir yang rada-rada sepi gitoo. Eeee semua kasir rame dengan antrian trolli. Ada satu kasir yang sedari tadi sepi-sepi aja, setelah saya samperin ternyata belanjaan saya ditolak antri karna kasir ini khusus kasir kilat, *lupa namanya apa. Intinya yang bole antri di situ hanya yang belanjaannya dikit, yang pake kranjang. Berhubung ada keperluan lain dan sangat terdesak, saya sama istri coba mengeluarkan isi belanjaan dari troli dan memindahkan ke keranjang plastik, alhasil ada sekitar 3 kranjang lebih yang kami bawa. Kemudian kami antri lagi di kasir yang tadi dan dilayani begitu aja, hihihi. Bisa dibuat tips lah kalo lagi terdesak.

    Semoga kontes blognya menang.🙂

  18. lumayan juga infonya , oiya buat kasir yg sedang training kalu menurut saya , y lebih bagus sering si kasir training ini melayani custamer,toh dia akan lebih cepat untuk bisa cekat melayani custamer bukan

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

