[Review] Esperanza Rising

Judul : Esperanza Rising
Penulis : Pam Munoz Ryan
Penerbit : Atria

Novel ini menceritakan tentang Esperanza Ortega, anak perempuan seorang pemilik perkebunan luas. Orang tuanya sangat baik, bahkan mereka pun mempunyai pekerja yang hidup bersama mereka, Alfonso, Hortensia dan Miguel. Semua berjalan dengan normal, berjalan dengan indah. Esperanza dan Miguel bersahabat, bahkan ayahnya Esperanza pun sudah menganggap Miguel sebagai anak laki-lakinya sendiri.

Tapi bencana datang, ayahnya Esperanza meninggal. Dan bahkan tak lama kemudian, dia harus menerima kenyataan bahwa seluruh rumah dan perkebunan milik ayahnya pun hangun terbakar. Tio Luis, paman dan sekaligus dalang dari semua permasalahan itu memaksa agar Ramona, ibunda Esperanza menikah dengannya. Ada banyak ancaman yang diberikan oleh Tio Luis. Hingga akhirnya Esperanza dan ibunya memilih untuk ikut bersama dengan Alfonso, Hortensia dan Miguel ke Amerika Serikat daripada harus terpisah.

Perjalanan panjang yang cukup jauh dan melelahkan pun harus mereka rasakan untuk bisa lepas dari genggaman Tio Luis. Esperanza pun akhirnya harus berpisah dari neneknya Abuelita, dan itu membuatnya sedikit tidak rela untuk pergi dari El Rancho de la Rosas. Hingga saat mereka tiba di California, Esperanza harus menerima kenyataan bahwa sekarang dia sudah berubah menjadi rakyat jelata. Esperanza shock, dia tidak siap dengan semua perubahannya. Dia protes, dia kesal, tapi dia pun tidak punya pilihan selain tetap tinggal disana. Hingga pada puncaknya, badai debu yang menyerang desa baru mereka pun akhirnya membuat sang ibu, Ramona, harus dirawat selama berbulan-bulan di rumah sakit.

Esperanza pun berubah. Dia pun bergabung bersama pekerja. Mengupas mata kentang, mengikat asparagus, memanen anggur, semuanya. Satu harapan yang dia selalu bawa, dia ingin ibunya sehat kembali, dan dia ingin Abuelita kumpul lagi bersama mereka di California.

Lantas, bagaimana Esperanza melewati hari-harinya sebagai pekerja perkebunan?? Berhasilkan dia membawa Abuelita ke California?? Sembuhkan ibunya dari penyakit yang dideritanya?? Penasaran?? Silahkan segera cari novel Esperanza Rising di toko buku terdekat, atau segera ‘pinjam langsung’ ke saya. Hahahaha😛

Novel ini sebenarnya sudah berada didalam draft gamazoe sejak bulan April 2012, tapi ntah kenapa saya baru mempublikasikannya bulan Februari 2013. Maafkan saya Una. Novel ini menurut saya bagus, dan sangat cocok untuk bacaan para abegeh diluar sana yang sudah terlalu banyak membaca drama cinta. Karena novel ini murni tentang kisah perjuangan seorang anak perempuan yang sedang beranjak remaja, mencari jati dirinya dan harus menjadi dewasa karena keadaan dan lingkungannya. Meskipun pada awalnya novel ini cukup membuat pusing karena bahasanya yang cukup aneh menurut saya, tapi percayalah kalau anda tidak akan menyesal karena sudah membaca novel ini sampai habis. Kisah cintanya pun sangat sedikit, bahkan tidak digambarkan dengan terang-terangan di dalam novel ini, antara Esperanza dan Miguel. Tapi saya menyukainya, saya menyukai penulis novel ini yang sedikit malu-malu ketika menceritakan tentang Esperanza dan Miguel. Mi reina, ratuku, panggilan yang selalu diberikan oleh Miguel untuk Esperanza.

Di novel ini pun, pembaca akan disuguhi oleh beberapa kosa kata Meksiko yang sering mereka ucapkan. Dan itu berarti, pembaca bisa sedikit belajar bahasa Meksiko dari novel ini. Poko’e, top banget dah ni novel. Bukan karena Una yang ngasih yaaa, tapi karena saya memang menyukai cerita dari novel ini. Gracias.

Jangan takut untuk memulai lagi dari awal..🙂

*91’91*

9 thoughts on “[Review] Esperanza Rising

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s