[Yogya] Pantai Ngrenehan & Pantai Ngobaran

Alhamdulillah, Yogyakarta sudah berhasil saya tinggalkan dengan beberapa tetes air mata. Jujur, sedih banget ninggalin Yogya. Rasanya semacam kayak ada kepingan hati saya yang tertinggal disana, sedikit tidak ikhlas. Tapi ah sudahlah, toh kehidupan saya sudah kembali ke rutinitas biasa. Dan sekarang, tinggal saya mengabadikan beberapa perjalanan wisata saya di gamazoe. Tanpa basa basi, kita mulai saja dengan Pantai Ngrenehan & Pantai Ngobaran.

11 September 2013

Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran itu tetanggaan, terletak di daerah gunung kidul juga. Jangan tanya nama daerahnya ke saya, karena saya nggak tahu sama sekali. Jaraknya sekitar 1 jam dari tempat wisata air terjun sri gethuk, cukup jauh dan cukup terasa dingin. Tapi begitu kita sampai di lokasi pantai ini, kita akan langsung tersenyum melihat pura-pura yang berjejer menghiasi atas pantai. Cakep. Karena untuk mencapai lokasi pantai, kita harus menuruni bukit. Nggak terlalu jauh sih, dan meskipun capek tapi sebanding dengan keindahan alam yang kita dapet.

pintu masuk pantai

Pura yang sahabat lihat diatas bisa dibilang sebagai pintu masuk pantai, karena hanya pura ini saja yang bisa kita masuki. Ada pura berbentuk candi disebelah pura ini, dan sayang sekali digembok. Menurut saya, pembangunan pura-pura ini sangat menarik, menambah keunikan dari kedua pantai ini. Biasanya, bibir pantai itu identik dengan pasir putih. Tidak dengan pantai ngrenehan ini, disepanjang bibir pantai kita tidak akan menemukan pasir putih, melainkan karang-karang yang berwarna warni. Cantik. Dan ini adalah pengalaman baru untuk saya, karena disini saya bisa melihat secara langsung bentuk unik bulu babi dan hamparan karang yang sedikit membuat saya takut. Hehe…

PhotoGrid_1379130179695

Bukan hanya pantainya yang unik, tetapi juga disekitar pantai ini kita akan disuguhi pesona dari bukit-bukit dibelakang pantai. Bukit-bukit yang mengelilingi sawah, tersusun rapi memanjang. Subahanallah, nyamaaaaaan banget disini. Dinginnya angin pantai ditambah dengan sejuknya pemandangan yang terhampar luas dimata, bener-bener membuat saya nyaman disini. Suasana yang tidak akan pernah saya temukan di daerah saya, suasana yang semakin membuat saya akan selalu kangen dengan Yogyakarta. Dan dibawah ini adalah suasana pantai ngobaran yang hijau menyejukkan mata dan juga dipantai ini kita akan menemukan pasir pantai yang tidak akan kita temukan di pantai sebelumnya.

PhotoGrid_1379130378850

Suasana dipantai ini cukup menarik, karena disini saya melihat para pelayan bergelut dengan ombak mengambil rumput laut yang terbawa ke bibir pantai. Melihat mereka berlarian menghindari ombak yang besar, tangan-tangan yang bergerak cepat mengambil rumput laut sebelum ikut terhanyut kembali terbawa ombak. Dan disini pula saya berkesempatan untuk mencoba mencicipi rumput laut segar. Masih berwarna hijau, tidak seperti warna putih yang biasa saya lihat di pasar. Dan rasanya, WOW!!! Amis luar biasa ditambah dengan rasa asinnya laut. Jujur, saya langsung mual. Dan kapok untuk mencoba lagi, hahahaha.

Pantai ngrenehan dan pantai ngobaran hanya dibatasi oleh satu batu karang yang menjulang tinggi. Diatas batu karang ini juga terdapat pura, dan kita bisa keatas sana. Dari atas karang ini, kita bisa melihat semuanya dengan lebih jelas. Dan yang paling istimewa, disini kita bisa melihat sunset dengan sempurna. Impian saya, saya ingin banget bisa melihat sunset yang tenggelam dengan sempurna di laut. Dan kemarin, sedikiiiiit lagi maka impian saya tersebut bisa menjadi nyata. Tinggal beberapa detik lagi sunset itu tenggelam, tapi ternyata harus hilang dibalik awan. Padahal, bentuk dan warnanya sudah bulat indah, cuacanya juga sudah sangat mendukung. Tapi aahhhhh, sayang sekali. Agak sedikit kecewa, tapi alhamdulillah saya sudah sangat puas, karena ini adalah sunset yang paling sempurna yang pernah saya lihat.

PhotoGrid_1379130330699

Duduk dipinggir karang, melihat laut, bukit dan senja yang semakin menghitam dari satu titik yang sama. Luar Biasa. Dan didetik-detik senja yang semakin menghilang, sahabat saya sempat menyuruh saya berdo’a disini. Katanya, salah satu waktu yang paling tepat untuk berdo’a adalah pada saat matahari terbenam. Dan saya menuruti sarannya, berdoa untuk ketenangan hati yang saat itu masih terasa sangat cukup menyiksa. Terimakasih.

Hmmm, adakah sahabat gamazoe yang sudah pernah mengunjungi pantai ini?? Kalau belum, ayo segera ke Yogyakarta. Ada banyak pantai di gunung kidul yang membuat kita akan takjub atas keindahan alam ciptaan Tuhan, dan kedua pantai ini adalah salah satunya. Sebuah ‘moment’ yang tidak akan pernah saya temukan di kota saya, sebuah ‘kenyamanan’ yang tidak akan pernah saya dapatkan di kota saya. Dan pantai ini, hanyalah sedikit dari banyaknya alasan mengapa saya sangat mencintai Yogyakarta. Mencintai darah yang masih mengalir di tubuh saya, Yogyakarta.

*91’91*

30 thoughts on “[Yogya] Pantai Ngrenehan & Pantai Ngobaran

  1. Nyesel bgt rasanya mak 2thn tinggal di Jogja tp ga sempat ksni, abis kmn2 jln kaki si (derita anakkos hehehe). Insyaallah kl ke jogja lg g blh lewat ahh..Thanks msk inpohnya.. Sdh msk wishlist nih😛

  2. Hahaha, kirain rumput lautnya enak Dhe. Tapi bener juga sih ya, mana mungkin nggak amis dan nggak rasa air laut, hahaha😛 .

    Btw, dulu sewaktu kecil sepertinya aku pernah ke dua pantai ini (atau salah satunya kalau nggak salah😛 ).

  3. memory ngrenehan tahun 92, wah kala itu aku ngekost di jalan pandu wirobrajan🙂 …rame-rame ama temen kost jalan kesana ….ada si dia🙂 ..artikelnya mengingatka kenangan manis ..oh yes…jogja selalu di hatiku

  4. Pingback: [Yogya] Air Terjun Sri Gethuk | Perjalanan Panjang

  5. Pingback: [Yogya] Pantai Indrayanti | Perjalanan Panjang

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

