[Yogya] Air Terjun Sri Gethuk

Setelah puas menikmati keindahan goa rancang kencana, perjalanan pun saya lanjutkan ke objek wisata utama hari itu, yaitu air terjun sri gethuk. Salah satu wisata alam kebanggaan warga Gunung Kidul Yogyakarta. Sebelum saya menghabiskan cuti tahunan saya di Yogyakarta, saya sudah banyak mendengar cerita tentang indahnya air terjun sri gethuk. Makanya, objek wisata ini pun menjadi salah satu target saya ketika berlibur di Yogyakarta awal Oktober kemaren.


Sebelum kita bermain air dan basah-basahan di air terjun sri gethuk, mampirlah sejenak ke warung yang berada di lokasi ini. Sebelumnya, saya pernah cerita kalau saya untuk pertama kalinya mencoba makan rumput laut segar di pantai ngrenehan. Maka di air terjun sri gethuk ini, untuk pertama kalinya saya mencoba makan belalang goreng. Aaaaaaggghh, mengerikan. Rasanya sungguh aneh, dan kaki belalang yang kecil-kecil imut itu membuat saya pengen nangis nggak tega waktu menggigit tubuh sang belalang. Sama seperti rumput laut segar yang pernah saya makan, saya pun nggak mau lagi untuk makan belalang goreng. Kapok.

Oke, lupakan tentang belalang goreng diatas. Di objek wisata ini, kita bisa memilih sendiri paket gratis atau paket berbayar. Gratis, karena untuk menuju ke air terjun ini para pengunjung bisa berjalan kaki dari lokasi parkir hingga lokasi utama. Sedangkan untuk paket berbayar, disediakan 3 pilihan. Yang pertama seharga Rp 10.000,- dengan fasilitas transportasi kapal pulang pergi, sehingga kita tidak harus capek-capek jalan. Paket berbayar kedua adalah seharga Rp 30.000,-, paket ini berupa transportasi kapal, pelampung plus guide. Yang menarik dari paket kedua ini adalah pada saat perjalanan pulang, kita diperbolehkan untuk berenang tanpa harus naik kapal. Dan poin plus nya lagi, kita bisa bebas main dan berekspresi karena ada sang guide yang akan dengan setia mengabadikan semua moment kita disana. Sedangkan pilihan yang ketiga adalah seharga Rp 125.000,- yaitu menikmati air terjun sri gethuk dengan menggunakan flying fox. 

Saat itu, saya memilih paket kedua dan Alhamdulillah sama sekali tidak menyesal. Untuk air terjun sebagus itu dan fasilitas yang saya terima, rasanya 30ribu itu bisa dibilang cukup murah. Dan hmm, saya malah jadi kangen pengen kesana lagi. Yang menarik dari air terjun sri gethuk ini adalah karena air tejun disini terpecah menjadi 3 bagian yang mengalir dengan deras. Sehingga kalau kita melihat dari bawah, kecantikan dari air terjun ini benar-benar terpampang nyata. Indah. Langsung saja deh, silahkan menikmati seru dan indahnya air terjun sri gethuk lewat foto-foto saya dibawah ini. Pokoknya, rugi banget kalo udah sampe sana tapi nggak basah-basahan. Hehe😀

Bukan hanya air terjunnya saja yang memukau mata, kecantikan disekitar air terjun ini pun cukup asyik. Banyak batu-batu besar, air yang mengalir dengan cukup keras disela-sela batu membuat kita merasa betah berlama-lama disini. Ntahlah, saya sendiri sampai kehabisan kata-kata untuk mengabadikan perjalanan wisata saya ke sri gethuk ini. Rasanya, foto-foto yang saya punya sudah cukup untuk menjelaskan betapa cantiknya wisata alam yang satu ini. Oh iya, pada saat saya kesini di salah satu batu besar di air terjun ini terdapat bendera kebanggaan kita. Cantik sekali, pokoknya Indonesia banget lah. Berikut adalah sedikit foto tentang suasana di sekitar air terjun.

Waktu pas berenang di air terjun sri gethuk ini, kaki saya sempat keram mungkin karena saya terlalu bahagia. Adik dan sahabat saya sempat mengajak saya untuk naik kapal saja pada saat perjalanan pulang, karena mereka khawatir dengan kondisi saya. Tapi Alhamdulillah, ternyata keputusan saya untuk tetap berenang saja menyusuri air terjun ini benar-benar tidak mengecewakan. Meskipun dingin dan cukup melelahkan, tapi rasanya puas banget. Berenang santai sambil mengobrol dan menyaksikan keindahan alam yang masih asri, tentunya dengan ditemani sang guide yang sangat ramah dan baik hati.

Bagaimana, apakah postingan ini cukup membuat sahabat penasaran dengan air terjun sri gethuk?? Semoga iya, karena pada kenyataannya keindahan air terjun sri gethuk jauh lebih indah kalau sahabat saksikan dan rasakan sendiri. Ayoooo, ke Jogja lagi. Hwaaaaaa, saya benar-benar merindukan Jogja karena postingan ini. Jogjaaaaaaaaaa…..!!!!!!!!!!!!!!!

*91’91*

16 thoughts on “[Yogya] Air Terjun Sri Gethuk

  1. saya pernah ke sini.😀
    saya ingat ketika terjun dari tebing setinnggi kurang lebih 10 meter d seberang air terjun itu, serasa kembali ke masa kecil sebagai anak sungai di pesisir sungau Batang Hari, di pelosok Jambi. keren deh ini Sri Gethuk,🙂

  2. Pingback: [Yogya] Goa Pindul | Perjalanan Panjang

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

