Objek Wisata Mencar Jaya

Kali ini saya tidak akan memposting tentang sesuatu yang berlebel kontes. Saya ingin sedikit menghibur gamazoe saya dengan salah satu objek wisata yang terkenal di daerah saya, yaitu Mencar Jaya. Objek Wisata ini terletak di Desa Lingut Kecamatan Jayapura, letak yang lumayan jauh dari pusat kota Martapura. Tapi saya jamin, berwisata ke Mencar Jaya akan membuat para pengunjungnya ketagihan. Kenapa?? Karena disitu para pengunjung akan disuguhi oleh panorama alam yang luar biasa indah.

Mencar Jaya adalah kolam pemandian yang dipadu dengan gemericik air terjun yang bening berasal dari pegunungan. Air terjun itu sendiri berasal dari curup-curup yang berada di Provinsi Lampung, karena Mencar Jaya ini terletak di perbatasan OKU Timur dengan Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Jadi meskipun di Martapura tidak ada gunung, tapi kami masih bisa merasakan langsung air yang berasal dari gunung. Lumayan, hehe.

Sebagai pemandu wisata yang baik, saya akan langsung menyuguhi pemandangan-pemandangan indah di objek wisata Mencar Jaya. Saya sering kesana bersama dengan sahabat-sahabat saya, makanya saya bisa menjadi guide dadakan jikalau ada sahabat yang ingin berkunjung kesana. Oke langsung saja, silahkan amati pemandangan indah di Mencar Jaya.

mencar jayaJarak tempuh dari pusat kota Martapura ke Mencar Jaya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, lumayan lama karena jalannya yang dilewati pun luar biasa bagus. Bergelombang, bolong, apalagi kalau musim hujan tiba, sungguh luar biasa. Tapi jangan khawatir, kekesalan sahabat selama diperjalanan akan diobati begitu sahabat memasuki wilayah Mencar Jaya.

mencar jayaLihat foto diatas, dari awal datang pun sahabat akan langsung terpesona dengan nuansa hijau yang diberikan oleh objek wisata tersebut. Cantik sekali. Dan kolam diatas adalah kolam terbesar disini, tapi jangan langsung buru-buru nyebur. Naik dulu ke atas bukit (jyaaaahh, bukit), karena disitu ada kolam pemandian yang jauh lebih waw meskipun tidak sebesar kolam dibawah.

objek wisata mencarInilah kolam kedua di Mencar Jaya, air disini jauh lebih dingin dan juga lebih bening dari air di kolam bawah. Apalagi pemandangan disini pun jauh lebih indah, lebih hijau. Tanpa basa-basi sahabat-sahabat saya pun langsung melakukan pemanasan setibanya diatas. Byuuurrr.

makan besarMencar Jaya pun sering dijadikan sebagai ajang piknik oleh keluarga. Tapi kami kesana bukan untuk piknik, melainkan karena pengen bermain air. Tapi berhubung waktu itu kami belum makan siang, jadi sehabis melakukan pemanasan maka kami segera menyantap nasi padang. Hmm, meskipun makannya cuma nasi padang tapi kalo makannya bersama sahabat-sahabat tercinta, maka rasanya akan jauh lebih enak. Setuju??๐Ÿ˜‰

Selesai makan, aksi pun dimulai lagi. Saya selalu merindukan moment-moment indah seperti ini, karena bermain bersama air adalah kenangan yang sering saya lakukan dengan sahabat-sahabat saya.

Ditengah-tengah kolam terdapat beberapa buah batu besar, mungkin sengaja disediakan untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk santai di tengah kolam. Dan foto diatas juga adalah salah satu foto favorite saya, karena di foto ini kami benar-benar terlihat seperti anak yang manis. Hahahaha๐Ÿ˜€

Puas bermain di tengah-tengah kolam, maka kami pun istirahat sebentar di pinggir kolam. Sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke bawah. Sahabat bisa melihat kan kolam pemandian dibawah yang terlihat di foto ini?? Hmm, benar-benar menggoda iman.

Ini adalah sisi kolam pemandian yang barusan sahabat lihat diatas. Biasanya para pengunjung memanfaatkan pancuran disini untuk keramas ketika selesai puas mandi, tapi itu tidak berlaku untuk saya. Ya iyalah wong saya pakai jilbab mosok mo sampoan disitu.๐Ÿ™‚

Turun sedikit dari atas, maka sahabat pun akan disguhi oleh air terjun kecil. Saya bingung menyebutnya apa, jadi jangan protes kalo saya menyebutnya air terjun kecil. Tempat yang juga cantik, dimana air-air yang bening dan deras mengalir di sela-sela batu besar. Keren!! Dan air yang mengalir dari kolam diatas tersebut, akan bermuara ke kolam pemandian yang ada dibawah.

Makin turun, makin dekat dengan kolam pemandian bawah. Dan ada beberapa jembatan yang harus dilalui jika ingin menuju kolam pemandian bawah. Foto diatas sebenarnya saya pilih karena saya ingin memamerkan contoh jembatannya. Lihatlah wajah sahabat-sahabat saya, mereka sudah kelelahan. Hahahaha, cupu sekali.

Nah ini salah satu pesan penting dari saya, berhati-hatilah selama berada di Mencar Jaya. Karena jalan disini cukup licin, sahabat saya sendiri sudah ada 2 orang yang jatuh. Hahahahahaha, pemandangan yang lucu. Dan oleh sahabat saya yang lain, dia mencontohkan adegan jatuh yang benar-benar seperti aslinya. Sssssttt, dilarang ketawa keras-keras.๐Ÿ˜€

Fotonya habis?? Memang, karena cerita saya pun berakhir๐Ÿ˜›. Waktu itu baterai kamera digital yang kami bawa sudah habis, jadi ketika kami berheboh ria di kolam pemandian bawah, kami tidak bisa mengabadikannya. Lain kali lah, kalo sempat saya posting lagi. Tapi barusan saya searching di google tentang Mencar Jaya, dan saya menemukan salah satu foto di kolam pemandian bawah. Foto ini diambil ketika masa liburan, makanya pengunjung yang datang pun luar biasa penuh.

Sumber foto dari sini

Bagaimana sahabat?? Cukup menarik kan objek wisata Mencar Jaya?? Bagi yang berminat, silahkan datang ke Martapura OKU Timur. Harga tiket masuknya cukup murah kok, terkahir saya kesana masih 5000 rupiah.

*91’91*

49 thoughts on “Objek Wisata Mencar Jaya

  1. Hoalah, sumpah aku awalnya bingung, pertama di Kec Jayapura, oh di Irian. Kok tiba-tiba di Martapura, lho kok Kalimantan. Ternyata di Lampung…

  2. Oiya hihi Mbak Dhe, maaf, bannernya salah link.
    Ada garis miring di paling akhir, jadi gak kelink ke tempatku. Terimakasihh~~๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  3. dari foto atas saya malah bertanya-tanya, objek wisata kok ga ada pengunjungnya sama sekali, kecuali rombongannya si Dhe…tapi di foto yang paling bawah kok rame banget yaaaa……apa emang ada saat tertentu objek wisata mencar jaya ini pengunjungnay membludak???

  4. Dheeee… kalimatmu membuat otak saya eror – dimanakah letak panoramamu ini? di Desa Lingut Kecamatan Jayapura,lumayan jauh dari pusat kota Martapura..
    Mula2 kebayang Jayapura di Irian sono …truss balik lagi ke Kalimantan… ternyata di Lampung…hehehe

  5. kalu gak liat OKU [Ogan Komering Ulu] saya kira ini di papua..soalnya ada Martapura, Jayapura.
    Coba dulu saya jadi ke Plaju, dikontrak Pertamina, mungkin saya udah mampir ke Mencar Jaya ya๐Ÿ™‚

  6. oohh saya kira martapura Kalimantan Selatan..
    ternyata daerah di Indonesia banyak yg namanya sama yah, tapi tak sama isinya..
    duh siang-siang baca beginian bawaannya pinginnya nyebur aja deh…ahahahaha

  7. Objek wisata yang menyuguhkan pemandian dengan kolam air beningnya tentu akan membuat pengunjung betah berlama-lama mandi, merendam badan dan tentu saja sambil main ciblon-an. Salam….

  8. cuma mengabarkan bahwa saya udah pindah ke rumah baru mas bro…๐Ÿ™‚

    Sekalian link saya diganti ya menjadi disave,,link mas bro juga udah saya pasang๐Ÿ™‚

    Ditunggu kunjungan dan komentarnya๐Ÿ™‚

Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s